Mengatasi Stress Selama Masa Wabah Covid-19

Mengatasi Stress Selama Masa Wabah Covid-19

Peraturan Pemerintah tentang adanya jarak social yang perlu dilakukan masyarakat, patut kita ikuti agar jumlah kasus Covid-19 di negeri tercinta kita, bisa melambat seiring dengan partisipasi kita untuk tetap berdiam di Rumah. Belajar, bekerja dan beribadah dianjurkan pemerintah, untuk dilakukan di Rumah kita masing-masing, demi mencegah meluasnya lonjakan kasus Covid-19.

Pemberlakuan “libur” selama 14 hari ini, digunakan untuk berdiam di Rumah. Tak jarang, mungkin diantara kita ada yang merasa stress karena harus berdiam saja di Rumah. Bagaimana mengatasi stress dalam masa wabah Covid-19 seperti saat ini? WHO memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress selama pemberlakuan “libur” karena wabah Covid-19, berikut tipsnya

  1. Merupakan hal yang normal, bila kita merasa sedih, stress, takut dan marah selama masa krisis. Cobalah untuk berbicara kepada orang yang kita percayai. Hubungi teman atau keluarga.
  2. Jika harus tetap dirumah, pertahankan gaya hidup sehat – seperti makan makanan bergizi, tidur cukup, olahraga dan berinteraksi dengan orang Rumah, dan mengirim email/telepon untuk teman dan sanak saudara lainnya.
  3. Jangan merokok, atau minum alcohol dan obat yang penenang untuk mengatasi kekhawatiran terkait wabah. Jika merasa tidak mampu mengatasi rasa cemas, hubungi dokter/konselor. Buat rencana, kapan harus menghubungi dokter untuk mengatasi sakit fisik atau mental jika dibutuhkan.
  4. Ketahui fakta. Carilah informasi yang membantu menentukan risiko kita, sehingga kita bisa mengambil tindakan pencegahan yang wajar. Temukan sumber terpercaya seperti situs WHO atau situs kesehatan/pemerintah lokal yang terpercaya.
  5. Batasi kekhawatiran dan perasaan gelisah, dengan mengurangi tontonan yang tidak bermanfaat.
  6. Gunakan keterampilan yang anda miliki pada masa lalu (Seperti menggambar/melukis/menjahit dll) untuk membantu mengelola emosi selama masa wabah.

Mengatasi stress pada anak selama masa wabah Covid-19

  1. Anak-anak akan merespon stress dengan berbagai cara seperti ; cemas, menyendiri, marah, gelisah, mengompol dan lainnya. Tanggapi reaksi mereka dengan cara yang suportif, dengarkan masalah mereka, dan beri mereka perhatian dan cinta yang lebih banyak.
  2. Anak-anak membutuhkan cinta dan perhatian dari orang tuanya, selama masa-masa sulit. Beri mereka waktu dan perhatian yang lebih banyak. Ingatlah untuk mendengarkan mereka, bicara dengan baik dan yakinkan mereka. Jika memungkinkan, buat waktu khusus untuk bermain dengan anak atau bersantai Bersama.
  3. Jagalah anak-anak agar dekat dengan orang tua atau pengasuh mereka, sedapat mungkin hindari mereka terpisah. Jika memang harus terpisah (karena dirawat di Rumah Sakit contohnya) usahakan tetap kontak teratur (telepon/video).
  4. Pertahankan rutinitas seperti biasa, contoh tentukan kapan saatnya belajar, kapan waktunya bermain, kapan waktunya bersantai.
  5. Beritahu anak-anak, apa yang sedang terjadi. Jelaskan kondisi yang berlangsung saat ini, dan beri informasi tentang cara mengurangi risiko agar terhindar dari infeksi yang ada, sesuai dengan pemahaman mereka.

Diterjemahkan dari :

  1. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/helping-children-cope-with-stress-print.pdf?sfvrsn=f3a063ff_2
  2. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/coping-with-stress.pdf?sfvrsn=9845bc3a_8

Leave a Reply

Close Menu