Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Malas Bergerak

Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Malas Bergerak

Menjadi pemalas, tidak berolahraga. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak atau tidak aktif. Istilah tersebut artinya sama, yaitu gaya hidup dengan banyak duduk dan tiduran, dengan sedikit atau tanpa olahraga.

Orang-orang di seluruh dunia, menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas santai. Pada waktu senggang, kita sering duduk menghabiskan waktu dengan menonton TV, bermain video game, bermain komputer atau perangkat lain. Dari segi pekerjaan pun, banyak yang hari-harinya duduk di meja. Bahkan saat bepergian, kita juga duduk, baik di mobil, bus maupun kereta.

Pengaruh Pada Tubuh

Saat kita tidak aktif bergerak, kita hanya membakar sedikit kalori, hal inilah yang membuat berat badan kita bertambah. Kita juga akan kehilangan kekuatan dan daya tahan otot, karena jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan otot. Tulang juga mungkin akan melemah dan kehilangan kandungan mineral. Metabolisme dalam tubuh pun ikut terpengaruh, karena kesulitan memecah lemak dan gula yang menumpuk. Sistem kekebalan tubuh juga tidak berfungsi dengan baik. Sirkulasi darah akan lebih buruk, tubuh mungkin mengalami lebih banyak peradangan dan mungkin kita juga mengalami ketidakseimbangan hormone.

Risiko Bagi Kesehatan

Memiliki gaya hidup yang tidak aktif, bisa menjadi salah satu penyebab banyak penyakit kronis. Tidak berolahraga secara teratur, dapat meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi , kolesterol tinggi , stroke, sindrom metabolic, diabetes tipe 2, kanker tertentu, osteoporosis, peningkatan depresi dan perasaan cemas, hingga risiko kematian dini.

Cara Agar Tetap Aktif

Jika selama ini kita merasa baik-baik saja dengan gaya hidup yang tidak aktif, mulailah untuk berhenti. Cobalah secara bertahap melakukan aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara sederhana di rumah. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya :

  • Menyapu, mengepel, dan melakukan pekerjaan rumah tangga, serta berkebun.
  • Saat menonton TV, teruslah bergerak, seperti sambal mengangkat beban, melakukan peregangan lembut, atau sambal mengayuh sepeda statis.
  • Berolahraga melalui TV atau internet di rumah.
  • Berjalan di sekitar lingkungan dengan hewan peliharaan
  • Berdirilah saat berbicara melalui telepon
  • Siapkan peralatan olahraga di rumah, seperti bola yoga, matras Latihan, tali peregangan, dan beban tangan.

Lain halnya dengan tempat kerja, jika di tempat kerja kita sering duduk, terdapat beberapa tips untuk menyiasati agar tetap aktif bergerak :

  • Bangun dari kursi dan bergerak setiap satu jam sekali.
  • Cari tahu, apakah perusahaan memiliki treadmill atau alat olahraga lain
  • Gunakanlah tangga daripada memakai lift
  • Gunakan waktu istirahat untuk berjalan di sekitar Gedung
  • Lakukan rapat berjalan atau sambal berdiri dengan rekan kerja, dibanding duduk di ruangan.

Sumber : Medline Plus. Health Risks of an Inactive Lifestyle. 2017.

Leave a Reply

Close Menu