Donor Darah: Manfaatnya Jauh Lebih Besar dari Risikonya
Ilustrasi donor darah. Foto: Unsplash/LuAnn Hunt

Donor Darah: Manfaatnya Jauh Lebih Besar dari Risikonya

Sekitar 120 juta unit darah di dunia, didonorkan setiap tahunnya. Namun, jumlah tersebut masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan global pasien yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan darah yang aman. Darah memiliki batas waktu penyimpanan yang tidak lama, sehingga memerlukan donor yang konstan. Donor yang rutin dapat memastikan persediaan darah selalu ada bagi yang membutuhkan.

Darah dibutuhkan bagi pasien yang mengalami berbagai kondisi kesehatan seperti anemia, komplikasi kehamilan dan persalinan, trauma parah dari kecelakaan, dan operasi. Darah juga digunkan secara rutin bagi pasien yang memiliki kondisi penyakit anemia sel sabit, thalassemia dan untuk membuat produk pengobatan hemofilia.

Kriteria Pendonor

Mayoritas orang bisa mendonorkan darahnya, tetapi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bila ingin melakukan donor, diantaranya :

  1. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar
  2. Memiliki berat badan antara 50 kg – 158 kg
  3. Memiliki umur antara 17 tahun – 66 tahun (atau bisa juga berumur 70 tahun jika pernah melakukan donor selama 2 tahun terakhir)

Pada masa pandemi seperti sekarang, donor darah tetap bisa dilakukan dengan beberapa prosedur tambahan (sesi triase yang akan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan untuk memastikan pendonor sehat sebelum melakukan donor). Meski demikian, darah yang telah didonorkan tidak akan dites terkait keberadaan coronavirus, karena belum adanya bukti penularan virus melalui darah.

Risiko Donor Darah

Meski donor darah relatif aman, namun kadang ada sedikit reaksi negatif yang berhubungan dengannya. Reaksi tersebut kadang membuat pendonor tidak ingin melakukan donor darah lagi.

Reaksi vasovagal (VVRs) merupakan yang paling umum terjadi, ditandai dengan gejala ringan seperti lemah, mual, berkeringat. Namun dapat juga timbul dengan gejala berat seperti kehilangan kesadaran, kejang. Selain VVRs, risiko lainnya ada hematoma vena, tusukan arteri, defisit neurologis dan lainnya.

Sebuah studi epidemiologi yang dilaksankan selama 6 bulan pada 4.906 pendonor darah sukarela, menyebutkan bahwa sekitar 1,2% yang mengalami reaksi negatif dengan gejala ringan seperti agitasi, berkeringat, pucat, perasaan dingin, rasa lemas dan mual. Adapun yang mengalami gejala berat sekitar 0,2% dengan muntah, kehilangan kesadaran, dan kejang.

Meski jumlah pendonor yang mengalami reaksi negatif sangat sedikit jumlahnya, namun tetap perlu dilakukan pengurangan risiko seminimal mungkin dan langkah pencegahan.

Manfaat Donor Darah

Menjadi pendonor, selain sebagai kegiatan sosial, banyak juga manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya :

  1. Membantu menyelamatkan hidup orang lain. Rasanya aktivitas menyelamatkan nyawa hanya ada di film pahlawan, tetapi melakukan donor darah secara rutin memberikan kita kesempatan untuk bisa menyelamatkan hidup orang lain.
  2. Membakar kalori. Donor darah dapat menurunkan kalori sebanyak 650 kalori per liter darah.
  3. Menurunan risiko kanker. Mengurangi jumlah darah dalam tubuh berarti mengurangi zat besi dalam tubuh. Zat besi dikaitkan dengan kanker yang menyebabkan radikal bebas.
  4. Menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa pria yang mendonorkan darah setahun sekali memiliki risiko 88% lebih rendah untuk terkena serangan jantung daripada yang tidak mendonor.

Referensi :

  1. WHO. Blood Transfussion Safety.
  2. National Health Service. Who Can Give Blood.
  3. National Health Service. Giving Blood During Covid.
  4. Meena, M & Jindal, T. 2014. Complications Associated with Blood Donation in a Blood Bank at an Indian Tertiary Care Hospital. Journal of Clinical & Diagnostic Research.
  5. Crocco, A & D’Elia, D. 2007. Adverse reactions during voluntary donation of blood and/or blood components. A statistical-epidemiological study. Blood Transfussion Journal.
  6. The Florida Department of Health. 4 Benefits of Donating Blood. 2018.

Leave a Reply

Close Menu