4 Jenis Olahraga dan Manfaatnya

4 Jenis Olahraga dan Manfaatnya

Bagi sebagian besar orang, cenderung berfokus pada satu jenis olahraga atau aktivitas yang dianggapnya sudah cukup. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa penting untuk mendapatkan kempat jenis olahraga : ketahanan, kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas. Masing-masing jenis olahraga memiliki manfaat yang berbeda. Melakukan satu jenisnya, juga bisa meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan jenis lain. Melakukan keempat jenisnya juga bisa menjadi variasi dan membantu mengusir kebosanan serta risiko cedera.

  • Ketahanan.

Aktivitas ketahanan disebut juga sebagai aerobik, yang bisa meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Aktivitas ini dapat meningkatkan kebugaran dan membantu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Latihan ketahanan dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah.

Latihan ini juga dapat menunda atau mencegah banyak penyakit yang umum terjadi pada pada orang dewasa yang lebih tua seperti diabetes, kanker payudara dan kanker usus besar, penyakit jantung dan lainnya.

Aktivitas fisik yang dapat membangun ketahanan meliputi : jalan cepat atau jogging, pekerjaan seperti menyapu, menari, berenang, bersepeda, menaiki tangga, bermain tenis atau basket.

Tips aman : lakukan sedikit aktivitas ringan seperti jalan santai sebelum dan sesudah Latihan ketahanan untuk pemanasan dan pendinginan. Aktivitas ketahanan tidak boleh menyebabkan pusing, nyeri dada atau tekanan atau perasaan mulas, jadi perhatikan tanda pada tubuh. Pastikan minum cairan jika melakukan aktivitas yang berkeringat. Gunakan perlengkapan keselamatan untuk mencegah cedera.

  • Kekuatan.

Oto yang kuat bisa membuat perbedaan yang besar. Hal itu pula yang bisa membantu tetap mandiri dan membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah seperti bangun dari kursi, menaiki tangga dan membawa belanjaan.

Menjaga otot agar tetap kuat dapat membantu keseimbangan dan mencegah cedera akibat jatuh. Latihan kekuatan termasuk angkat beban, bahkan beban tubuh sendiri dan menggunakan resisten band.

Tipas aman selama latihan kekuatan : jangan menahan napas selama Latihan, dan bernapaslah secara teratur. Hembuskan napas saat kita mendorong atau mengangkat, dan tarik napas saat rileks.

  • Keseimbangan

Latihan keseimbangan membantu mencegah jatuh, yaitu masalah umum yang bisa menimbulkan konseksuensi serius pada orang tua.banyak melakukan Latihan kekuatan tubuh bagian bawah juga akan meningkatkan keseimbangan.

Contoh Latihan keseimbangan : berdiri dengan satu kaki atau berjalan dari tumit ke jari kaki.

  • Fleksibilitas.

Peregangan dapat meningkatkan kelenturan, bergerak leluasa akan membuat kita mudah dalam mengikat tali sepatu atau melirik ke belakang bahu saat memundurkan mobil.

Contoh Latihan fleksibilitas : berdirilah menghadap dinding sedikit lebih jauh dari Panjang lengan ke dinding, kaki selebar bahu. Melangkahlah ke depan dengan kaki kanan dan tekuk lutut kanan. Jaga kedua kaki tetap rata di lantai, tekutv sedikit lutut kiri sampai terasa regangan pada otot betis kiri. Tahan posisi selama 10 hingga 30 detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi dengan kaki yang lain.

Tips aman : lakukan peregangan saat tubuh sudah pemanasan. Lakukan peregangan setelah Latihan kekuatan atau ketahanan. Jangan melakukan peregangan terlalu jauh yang mengakibatkan sakit. Selalu bernapas normal sambal melakukan peregangan.

Berapapun usia kita, kita dapat menemukan aktivitas yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kebutuhan masing-masing.

Referensi :  National Institute on Aging. Four Types of Exercise Can Improve Your Health and Physical Ability. 2020.

Leave a Reply

Close Menu