Pemanfaatan Daun Sirih

Pemanfaatan Daun Sirih – Sirih atau pipe betle Linn adalah salah satu jenis tanaman terna memanjat yang termasuk famili Piperaceae. Tanaman sirih ini tumbuh subur di sepanjang Asia tropis hingga Afrika Timur menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, Thailand, Srilanka,  India hingga Madagaskar. Sirih dahulu digunakan sebagai obat untuk penguat gigi yang dikunyah denga bahan campuran lainnya oleh orang tua jaman dahulu, namun daun sirih sendiri sudah digunakan sejak lama untuk mengobati berbagai keluhan dan gangguan seputar penyakit, untuk mengobati masalah kewanitaan, sebagai pengganti odol, dll.

Pemanfaatan Daun Sirih

Pemanfaatan Daun Sirih

MANFAAT DAUN SIRIH

Pemanfaatan Daun Sirih sebagai bahan untuk mengobati penyakit, sirih sudah lama dipakai oleh orang Indonesia dan bangsa-bangsa Asia lainya. Pengobatan tradisional yang mereka lakukan tentunya hanya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman nenek moyang atau secara empiris.

Pemanfaatan Daun Sirih banyak digunakan untuk menyembuhkan mata merah atau iritsi dan bengkak karena sesuatu. Biasanya daun sirih direndam dalam air mendidih diwadah piring atau mengakuk Setelah airnya agak dingin, dipakai untuk mencucui mata atau meramabang dengan cara merendamkan muka, terutama bagian mata ke dalam air sirih tersebut. Sirih juga digunakan untuk menyembuhkan atau menghentikan perdarahan akibat mimisan yakni keluranya darah dari hidung.

Selain itu, Pemanfaatan Daun Sirih digunakan untuk cebok atau membersihkan kemaluan kaum perempuan setelah buang air kecil dan mengatasi keputihan. Penggunaan ekstrak daun sirih untuk berkumur jika mulut mengalami pembengkakan, membersihkan napas yang bau akibat pembusukan gigi, serta untuk menghentikan darah dan membersihkan luka saat gigi dicabut. Di samping itu, penderita mimisan atau hidung mengeluarkan darah untuk mengisap cairan daun sirih agar perdarahannya berhenti, seperti keputihan, batuk, suara parau dan luka di kulit, bisa diobati dengan daun sirih.

Beberapa literatur menyebutkan bahwa daun sirih yang merupakan bahan utama menginang ini memiliki sifat styptic (menahan pendarahan), vulnerary (menyembuhkan luka kulit), stomachic (obat saluran pencernaan), menguatkan gigi, dan membersihkan tenggorokan. Ada pula yang menyatakan selain memiliki kemampuan antiseptik, mempunyai kekuatan sebagai antioksidasi dan fungisida. Minyak atsiri dan ekstraknya pun mampu melawan beberapa bakteri gram positif dan gram negatif. Kenyataan empiris yang berkembang di masyarakat, yakni memanfaatkan daun sirih untuk pengobatan atau penyembuhan penyakit, menghilangkan bau badan, obat sariawan dll.

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

Pemanfaatan daun sirih untuk kesehatan adalah :

  1. Membantu mengobati keputihan
    Cara membuat ramuan daun sirih untuk mengatasi keputihan adalah dengan merebus daun sirih secukupnya saja. Kemudian minumlah air rebusan tadi, dan air rebusan tadi juga bisa digunakan untuk membasuh atau membilas vagina Anda.
  2. Mengobati sariawan
    Cara mengobati sariawan menggunakan daun sirih adalah kunyahlah daun sirih atau Anda bisa merebus daun sirih untuk berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih tadi.
  3. Mengobati luka bakar
    Cara membuat ramuan daun sirih untuk membantu mengobati luka bakar adalah ambillah daun sirih hijau, kemudian panaskanlah sampai layu, tempelkanlah pada luka bakar.
  4. Membantu menghilangkan bau mulut
    Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih atau juga merebus daun sirih untuk berkumur secara teratur.
  5. Mengobati mimisan
    Ambillah 1 lembar daun sirih yang masih muda, kemudian memarkan dan setelah itu gulunglah. Gunakan sebagai penyumbat hidung yang sedang mimisan.
  6. Mengobati bisul
    Ambillah 1 lembar daun sirih kemudian setelah itu remas-remaslah sampai daun sirih lemas dan mengeluarkan air. Kemudian setelah itu tempelkanlah pada bisul. Biasanya bisul yang sudah matang akan pecah dan akan mengeluarkan darah kotor yang ada di dalamnya.
  7. Obat ambeien
    Untuk Anda yang menderita penyakit ambeien atau wasir, pasti Anda akan merasa tidak nyaman saat ambeien sedang kambuh. Cara mengobati ambeien adalah ambillah 10 lembar daun sirih yang terlebih dahulu dicuci sampai bersih, kemudian direbus dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih. Air rebusan tadi digunakan untuk membasuh ambeien saat Anda sedang buang air besar. Gunakanlah cara ini dengan teratur dan dilakukan selama 5 hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KECANTIKAN

Manfaat daun sirih untuk kecantikan adalah untuk membantu mengurangi minyak aatu lemak diwajah adalah :

  1. Ambillah 5-6 lembar daun sirih yang sudah tua, kemudian cucilah daun sirih tersebut sampai bersih
  2. Rebuslah daun sirih dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih
  3. Air rebusan tadi yang mengeluarkan uap digunakan menguapi wajah Anda. Anda bisa menggunakan khanduk untuk membantu menutup kepala Anda agar uap tidak keluar.
  4. Lakukanlah cara ini sampai Anda berkeringat selama 15-20 menit, dan setelah itu gosok dengan pelan-pelan menggunakan handuk untuk membantu mengangkat lemak atau minyak
  5. Uap sirih bermanfaat dalam mengeluarkan lemak diwajah.

Pemanfaatan Daun Sirih

Cara Pemesanan Kapsul Daun sirih
Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Daun Sirih isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Sirih, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirih Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sirih and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>