Manfaat Daun Sirih

daun-sirihSirih merupakan tanaman dari kawasan tengah dan timur Malesia dan telah dibudidayakan lebih dari 25000 tahun lalu diseluruh Malesia dan Asia Tropis. Tanaman ini banyak ditemukan di Madagaskar dan Afrika Timur, dan telah diintroduksi ke India Barat. Makan sirih atau menyirih telah tersebar luas di India Selatan dan China Selatan saat Bangsa Eropa datang pada abad ke-15.  Manfaat daun sirih sendiri banyak fungsinya.

Daun sirih mengandung ragam senyawa seperti protein, gula tereduksi dan tidak tereduksi, karbohidrat, serat, vitamin A, thiamine, riboflavin, vitamin C, esensial oil, dan tannin. Tanaman ini selain berkhasiat sebagai obat juga mempunyai tampilan yang cantik sehingga mempunyai fungsi ganda sebagai tanaman hias. Manfaat daun sirih yang dikenal adalah untk mengobati sakit mata, pendarahan gusi, keputihan, dan penrahan hidung (mimisan).

Cara pemakaian daun sirih adalah :

  1. Sebanyak 4 lembar daun sirih direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin air rebusan tersebut dipakai untuk berkumur yang dilakukan secara berulangs ampai pendarahan gusi sembuh.
  2. Satu lembar daun sirih diambil, ditekan-tekan perlahan agar keluar kandungan minyaknya, kemudian gulungan daun tersebut digunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah atau mimisan.
  3. Sebanyak 5-7 lembar daun sirih beserta tangkainya ditambah dengan irisan 2 jari temulawak an kunyit direbus dalam 6 gelas air sampai mendidih. Selagi masih hangat, air hasil rebusan daun sirih tersebut digunakan untuk memberishkan seputar kemaluan secara berulang-ulang untuk mengatasi keputihan.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan menggunakan stek batang. Panjang stek 30-45 cm, biasanya teridir atas 3-5 ruas, dan untuk menanamnya 2 ruas dibenamkan dalam tanah. Dapat ditanam langsung ke dalam tanah atau terlebih dahulu ke dalam pollbag untuk mengakarkan.  Tanamn ini dapat tumbuh subur pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 900 m dpl dengan curah hujan rata-rata 2.250-4.750 mm.

Daun sirih mengandung minyak atsiri betlephenol yang kaya senyawa aktif eugenol, metil eugenol, karvakrol, karvicol, alil-katekol, allypyrokatekol, hidrosikvikol, kavibetol, sineol, cadinene, dan estragol. Daun sirih juga mengandung senyawa karoten, tiamin, ribotflavin, asam nikotinamit, vitamin C, tannin, gula, pati, dan asam amino.

Senyawa-senyawa aktif dalam daun sirih memiliki daya antiseptic yang kuat. Efek antibakteru dan antijamurnya mampu membunuh kuman. Daun sirih juga memiliki efek astringen (mampu mengencangkan jaringan dan menghambat pendarahan luka), eskpektoran (mengeluarkan dahak), dan sialagoga (merangsang keluarnya air liur).

Manfaat daun sirih dapat merangsang saraf pusat, menyembuhkan batuk, sariawan, bronchitis, luka,  haid tidak teratur, radang tenggorokan, asama, mimisan, dan gangguan saluran oencernaan. Daun sirih juga dipakai dalam pengobatan keputihan, gatal, dan bau tak sedap pada vagina. Air rebusan daun sirih juga dipakai untuk membersihkan luka dan menghilangkan bau tak sedap pada penderita kanker  leher rahim dan kanker payudara yang telah pecah.

 

Daun sirih juga dipakai dalam pengobatan keputihan, gatal, dan bau tak sedap pada vagina. Air rebusan daun sirih juga dipakai untuk membersihkan luka dan menghilangkan bau tak sedap pada penderita kanker  leher rahim dan kanker payudara yang telah pecah.

 


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirih Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sirih and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>