Klasifikasi Daun Sirih

Klasifikasi Daun Sirih – Sirih merupakan tanaman merambat mencapai ketinggian hingga 25 meter. batang berwarna cokelat kehijauan yang beruas-ruas sebagai tempat keluarnya akar. Helaian daun tumbuh berselang-seling, berbentuk jantung, bertangkai dan dilengkapi daun pelindung. Bila daun diremas, tercium aroma sedap. Bunga berupa bulir yang terdapat di ujung cabang dan berhadapan dengan daun. Buahnya berbentuk bulat dan berbulu.

Klasifikasi Daun Sirih

Klasifikasi Daun Sirih

KLASIFIKASI DAUN SIRIH

Tanaman ini tumbuh pada daerah ketinggian mencapai 300mdpl. Sirih tumbuh subur pada tanah yang kaya dengan zat organil dan cukup air. Perbanyak dapat dilakuakn dengan stek sulur.

Terdapat 4 jenis Klasifikasi Daun Sirih di Indonesia dengan penggolongan sebagai berikut :

  1. Daun sirih berwarna hijau tua dengan rasa pedas yang merangsang, tanaman ini banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  2. Daun sirih berwarna kuning. daun ini terdapat di Sumatera dan Jawa Barat.
  3. Sirih kaki merpati. Daun sirih jenis ini berwarna kuning dengan tulang daun merah.
  4. Sirih hitam yang ditanam khusus untuk obat.

Bagian dari tanaman sirih yang dapat digunakan dan memberi nilai manfaat pengobatan terletak pada bagian daunnya yang memiliki banyak kandungan senyawa aktif alami.

Klasifikasi Daun Sirih mengandung ragam senyawa seperti protein, gula tereduksi dan tidak tereduksi, karbohidrat, serat, viamin A, thiamine, roboflavin, vitamin C, esnsial oil, dan tanin. Tanaman ini selain berkhasiat sebagai obat jua mempunyai tampilan yang cantik sehingga mempunyai fungsi ganda sebagai tanaman hias. Sirih dikenal berkhasiat mengobati sakit mata, pendarahan gusi, gigi berdarah, keputihan dan pendarahan pada hidung yang mimisan.

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan adalah :

  1. Membantu menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan pada gigi
    Cara membuat ramuan ini adalah ambillah 1 lembar daun sirih, kemudian cucilah sampai bersih, setelah itu kunyahlah selama beberapa menit. Lakukanlah cara ini selama 2-3 kali dalam sehari. Jika Anda kurang merasa nyaman dengan aroma dari daun sirih saat sedang mengunyahnya, maka Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih setelah makan.
  2. Obat batuk
    Manfaat daun sirih untuk obat batuk caranya adalah ambil 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga serta kayu manis yang ukurannya adalah seukuran jari tangan. Kemudian cucilah semua bahan tadi dan direbus dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai air yang tersisa hanya tinggal 1,5 gelas saja. Kemudian saringlah airnya dan minum 3 kali sehari.
  3. Mengobati keputihan wanita
    Manfaat daun sirih yang paling terkenal adalah untuk membantu mengobati keputihan secara alami. Manfaat dari daun sirih dalam membantu mencegah dan juga mengobati penyakit keputihan sudah banyak dilakukan dan juga sudah banyak dikenal pada masyarakat luas. Anda juga bisa membuat air rebusan dari beberapa lembar daun sirih yang sudah terlebih dahulu dicuci, kemudian rebus dan gunakanlah air rebusan daun sirih untuk membilas vagina. Dan Anda bisa membuat resep obat minum dengan cara ambil beberapa lembar daun sirih, kunyit, daun sambiloto atau tapak liman, dan juga kumis kucing. Kemudian rebuslah semua bahan-bahan tadi, setelah itu saringlah airnya dan minum air rebusan tersebut setiap hari sampai keputihan sembuh.
  4. Mengobati gigi berlubang
    Ambillah 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu murni secukupnya saja. Kemudian irislah daun sirih, setelah itu rebuslah dengan menggunakan daun bidara upas dalam 2 gelas air sampai mendidih. Jika sudah dingin, maka tambahkanlah madu murni secukupnya saja, kemudian remuan ini digunakan untuk berkumur-kumur. Usahakan untuk bisa menjangkau ke daerah tenggorokan Anda.
  5. Membantu mengatasi penyakit jantung
    Ambillah 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah dan 1 sendok makan jintan putih. Kemudian tumbuklah sampai halus semua bahan tadi, tambahkan dengan 5 sendok air panas, biarkanlah beberapa menit dan setelah itu peraslah kemudian disaring. Air ramuan tadi diminum 2 kali sehari dan diminum dengan teratur.
  6. Penyakit bronkitis
    Ambillah 7 lembar daun sirih, 1 potong gula batu. Kemudian rajanglah daun sirih dan setelah itu direbus dengan gula batu menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan air rebusan yang tersisa adalah 1 gelas saja kemudian disaring. Ramuan daun sirih tadi diminum 3 kali sehari dan diminum 3 sendok makan.
  7. Penyakit diarea
    Ambillah 4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan-bahan ini ditumbuk bersamaan sampai halus. Kemudian gosokkanlah ramuan tadi ke bagian perut Anda dan biarkanlah sampai ramuan tersebut mengering.

Klasifikasi Daun Sirih

Cara Pemesanan Kapsul Daun sirih
Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Daun Sirih isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Sirih, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirih Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sirih and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>