Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih – Tanaman sirih tumbuh merambat, mirip tanaman lada. Tingginya mencapai 5-15 meter, tergantung pertumbuhan dan tempat rambatnya. Batangnya berwarna hijau kecokelatan. daun sirih berbentuk jantung dan berwarna kekuningan, hijau tua, atau hitam. Sirih kuning yang banyak dipakai untuk makan sirih karena rasanya kurang pedas. Rasa sirih hijau tua pedas sehingga banyak dipakai untuk obat karena kandungannya digunakan sebagai obat. Permukaan daun agak kasar jika diraba. Bunganya tersusun dalam bulir, merunduk, dan panjangnya 5-15 meter. Buahnya merupakan buah buni, berbentuk bulat, berdaging dan berwarna kuning hijau.

Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih

KANDUNGAN KIMIA DAUN SIRIH

Kandungan zat kimia

Tanaman sirih mengandung minyak asiri, hidroksivacikol, kavicol, kavibetol, allypyrokatekol, karvakarol, eugenol, eugenol metil eter , p-cymene, cineole, cariophyllene, cadinene, estragol, terpenena, sesquiterpena, fenil, propane, tanin, diastase, gula dan pati.

Beberap khasiat daun sirih untuk pengobatan :

a. Menghilangkan bau badan

Cuci hingga bersih 5 lembar daun sirih. Rebuslah daun sirih segara tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan rerbusan hingga air rebusan tersisa hanya 1 gelas. Selanjutnya, saring air hasil rebusan. Minum air ramuan tersebut pada siang hari.

b. Khasiat Daun Sirih untuk mimisan atau keluarnya darah dari hidung

1 lembar daun sirih segar yang agak muda disiapkan, lalu dicuci hingga bersih. Daun ditekuk dua, lalu tekukannya digulung sebesar lubang hidung. Selanjutnya, gulungan daun sirih dimasukkan ke hidung yang berdarah dan biarkan sampai darah berhenti mengalir. Usahakan penderita tetap duduk tegak agar darah tidak mengalir ke belakang rongga hidung.

c. Pembersih mata yang gatak atau merah

Ambil 5-6 lembar daun dirih muda, lalau cuci hingga bersih. Rebuslah daun yang baru dipetik tersebut dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan air. Basuh mata dengan air rebusan tersebut sehari 3 kali.

d. Koreng atau gatal-gatal

Ambil 20 lembar daun sirih yang cukup tua, lalu cuci hingga bersih. rebus daun dengan air sekitar 3-4 gelas. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci bagian badan yang terkena koreng atau gatal.

e. Obat sariawan

Petiklah 1-2 lembar daun sirih. cuci daun hingga bersih, lalu kunyah hingga lumat. Biarkan daun sbentar di dalam mulut, terutama di bagian yang terkena sariawan.

f. Khasiat Daun Sirih lainnya

Air rebusan daun sirih juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut jika dikumur-kumur. Khasiat daun sirih lainnya adalah dapat mengurangi jerawat apabla dibasuh ke muka. Sementar itu, daun sirih yang dimakan dengan pingan dan kpaur juga diyakini mampu menguatkan gigi agar tidaka mudah tanggal atau copot.

KHASIAT DAUN SIRIH UNTUK KECANTIKAN

Selain itu, khasiat daun sirih untuk kecantikan adalah untuk membantu menghaluskan kulit. Kandungan flavonoid dan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya merupakan kandungan utama untuk membantu proses dalam menghaluskan kulit. Kulit yang mengalami regenerasi lama kelamaan akan mengangkat sel-sel mati dan juga bisa meregenerasi sehingga bisa mejnadi sel kulit yang baru. Ada suatu khasiat dari daun sirih untuk membantu kulit wajah diantaranya adalah :

  1. Menghaluskan kulit
    Ambillah 3-5 lembar daun sirih hijau atau daun sirih merah, kemudian tumbuklah dengan menggunakan air panas. Jika sudah hangat kuku, maka oleskanlah daun sirih tadi ke seluruh wajah. Lakukanlah cara ini, minimal dilakukans eminggu sekali sebelum Anda tidur. Jika dilakukan dengan rutin selama satu bulan, maka wajah Anda akan terlihat lebih halus dan bebas dari bekas jerawat.
  2. Untuk mengobati jerawat
    Kandungan bakterisida dan juga kandungan antiseptik alami yang ada di dalam daun sirih bisa membantu untuk menghilangkan jerawat serta membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami dan membuat kulit Anda menjadi lebih halus, mulus serta bersih. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih adalah remaslah daun sirih atau tumbuklah 3 lembar daun sirih sampai airnya keluar, kemudian tempelkanlah air tadi pada daerah yang berjerawat. Lakukanlah cara ini setiap harinya dilakukan dimalam hari sebelum tidur sampai jerawat Anda mengempes.
  3. Menghilangkan jerawat
    Ambillah 10 lembar daun sirih dengan menggunakan 250 ml air, kemudian tunggulah hingga air daun sirih tadi berwarna kecokelatan. Kemudian kompreslah air rebusan tadi ke wajah Anda dan lakukanlah setiap hari kemudian lihatlah hasilnya dalam satu bulan, Anda akan mendapatkan wajah lebih halus dan terbebas dari jerawat.

Khusus untuk Anda yang mempunyai masalah kulit sensitif, maka sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan daun sirih. Apalagi disaat Anda sedang menggunakan daun sirih segar. Getah dan juga sifat astrigen dari daun sirih tadi bisa mengeringkan wajah dan akan menimbulkan suatu reaksi alergi dan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif.

Khasiat Daun Sirih

Cara Pemesanan Kapsul Daun sirih
Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Daun Sirih isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Sirih, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirih Untuk Membantu Memelihara Kesehatan Organ Kewanitaan, Meredakan Batuk, Mengatasi Keputihan, Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sirih and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>